PENGAMATAN. Para peserta Botanical Game mengidentifikasi tanaman di Taman Botani Sukorambi, Sabtu (12/11).

Taman Botani Sukorambi menjadi saksi dimulainya sinergi di komunitas hidroponik Jember. Sejumlah komunitas hidroponik di Jember hadir dalam soft launching Kebun Edukasi Hidroponik (KEH) Taman Botani Sukorambi, Kamis (16/11).

Tiga komunitas besar hidroponik hadir di Botani. Yakni, Komunitas Hidroponik Jember (Kohje) yang dipimpin Asih Tri Lestari, KUB BT3 yang dipimpin Dedi Lesmana, dan Tins Hidroponik yang dipimpin Titin Sumarni. Ketiganya siap bersinergi untuk memajukan hidroponik di Jember.

Asih Tri Lestari mengatakan, selama ini Kohje banyak memberikan edukasi mengenai hidroponik kepada ibu-ibu rumah tangga. Dengan hidroponik, diharapkan mereka memiliki sumber pendapatan tambahan. “Kohje siap bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan hidroponik,” katanya.

Sementara, Dedi Lesmana mengatakan, selama ini pihaknya juga melakukan edukasi hidroponik ke masyarakat, termasuk pondok pesantren. Tujuannya untuk membangun kemandirian lembaga pendidikan.

Sedangkan Generasi Muda Hidroponik (GMB) yang dipimpin Ahmad Zaini banyak menyasar kalangan muda sebagai target edukasi. Saat ini ada sekitar 15 mahasiswa yang mengembangan hidroponik bersama GMB.

Titin Sumarni menambahkan, pihaknya juga siap sinergi dengan semua pihak untuk mengembangkan hidroponik. “Kerjasama semacam ini diharapkan bisa payung untuk memajukan Jember,” harapnya.