Taman Botani Sukorambi, Sabtu (11/11), dipenuhi 818 siswa SMA dan MA. Mereka berasal dari 35 sekolah negeri dan swasta yang menjadi peserta Botanical Game IX yang diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA dan MA Kabupaten Jember.

Menurut Amir Machmud, ketua MGMP Biologi Jember, peserta Botanical Game dari tahun ke tahun terus bertambah. “Saat diselenggarakan pertama pada 2008, jumlah peserta sekitar 400-an orang. Sekarang sudah 818 orang,” katanya.

Botanical Game adalah perlombaan individual biologi. Setiap peserta harus mampu menjawab soal di 5 pos yang disediakan panitia. Setiap peserta mendapat waktu sekitar 20 menit di masing-masing pos untuk menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan panitia.

“Misalnya, di sebuah pos peserta harus mencandra atau mengamati tanaman yang ditentukan panitia. Dari pengamatan fisik itu, peserta harus bisa menentukan jenis tanaman itu, akarnya tunggang atau serabut, dan sebagainya,” ujar Penanggung Jawab Program (PJP) MGMP Biologi Jember Dora Indriana.

Di pos yang lain, lanjut dia, peserta akan diajak ke sebuah ekosistem. “Misalnya di kolam. Peserta harus bisa mengidentifikasi di ekosistem kolam itu ada tanaman dan hewan apa saja, lalu peran mereka di ekosistem itu bagaiamana,” terang perempuan yang juga kepala SMAN 1 Jember ini.

Pemenang lomba, menurut Dora, akan diraih oleh peserta dengan skor tertinggi. Bila ada peserta yang memiliki skor tertinggi sama, akan dilihat siapa yang mendapat skor tertinggi di pos dengan pertanyaan tersulit.